Setelah pengumuman akan rencana pengesahaan Bitcoin sebagai alat pembayaran oleh Presiden Nayib Bukele beberapa hari yang lalu di acara Konferensi Bitcoin 2021 di Miami, Akhirnya hari ini El Salvador resmi menjadi negara pertama yang akui Bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah dengan keluarnya Undang-Undang Bitcoin El Salvador.

Tentang El Salvador

El Salvador, atau lengkapnya Republik El Salvador, merupakan salah satu negara di Amerika Tengah yang merdeka pada tanggal 15 September 1821. Negara dengan mayoritas penduduknya beragama Katolik Roma ini, memiliki total populasi 6 juta jiwa lebih dengan Bahasa Spanyol sebagai bahasa resmi negara.

Sebelumnya mata uang yang sah diakui di negara ini adala Dolar Amerika Serikat sejak tahun 2001. Namun, sejak persetujuan pada kongres yang diselenggarakan hari ini. El Salvador resmi memiliki 2 mata uang sebagai alat pembayaran yang sah yakni Dolar Amerika Serikat dan Bitcoin.

Dengan iklim tropis seperti Indonesia, selain terkenal akan pariwisata lautnya El Salvador juga menjadi negara pengekspor hasil pertanian dimana Kopi sebagai komoditi ekspor utamanya. Sebelumnya, El Salvador merupakan salah satu penghasil Nila yang merupakan pewarna Biru. Namun, setelah pewarna sintetis ditemukan, negara ini akhirnya pindah tidak bergantung lagi pada nila.

Rencana Pengesahan Bitcoin

Rencana pengesahan Bitcoin menjadi mata uang kripto yang sah di negara ini dimulai sejak pernyataan Presiden El Salvador, Nayib Bukele melalui video yang ditayangkan saat presentasi yang dilakukan oleh Jack Mallers, CEO dari ZAP dan Strike, pada hari Minggu, 6 Juni 2021.

Pernyataan Jack Maller Tentang Rencana Pengesahan Bitcoin di El Salvador melalui persentasi di Bitcoin Conference Miami 2021

Hingga akhirnya pada Rabu, 9 Juni 2021, Negara El Salvador melalui rapat kongres, berhasil menyepakati Undang – Undang Bitcoin yang mana akan menjadikan Bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah di negara itu. Mayoritas mendukung RUU ini dengan meraih jumlah 62 suara dari total 84 suara.

Isi Undang-Undang Bitcoin El Salvador

Berikut isi dari Undang-Undang Bitcoin yang diterjemahkan dari versi aslinya Bahasa Spanyol yang dapat di cek pada tautan twitter Presden Nayib Bukele.

MAJELIS LEGISLATIF REPUBLIK EL SALVADOR

MENGINGAT:

I. Bahwa sesuai dengan Pasal 102 Konstitusi Republik, Negara berkewajiban untuk mempromosikan dan melindungi perusahaan swasta, yang menghasilkan kondisi yang diperlukan untuk meningkatkan kekayaan nasional demi kepentingan sebanyak-banyaknya bagi penduduk.

II. Bahwa berdasarkan Keputusan Legislatif No.201, yang diterbitkan dalam Berita Resmi Negara nomor 241, jilid 349, tertanggal 22 Desember 2000, dimana menerima Dolar Amerika Serikat untuk diadopsi sebagai alat pembayaran yang sah.

III. Bahwa sekitar tujuh puluh persen penduduk tidak memiliki akses ke dalam layanan keuangan tradisional.

IV. Bahwa merupakan kewajiban negara untuk memfasilitasi inklusi keuangan warganya agar dapat lebih menjamin hak-haknya.

V. Bahwa untuk mendorong pertumbuhan ekonomi bangsa, perlu untuk mengesahkan peredaran mata uang digital yang nilainya memenuhi kriteria pasar bebas secara eksklusif, demi meningkatkan kekayaan nasional untuk kepentingan sebanyak-banyaknya bagi penduduk.

VI. Bahwa menurut pertimbangan sebelumnya, penting untuk mengeluarkan aturan dasar yang akan mengatur jalannya undang-undang Bitcoin.

OLEH KARENA ITU,

MEMUTUSKAN sebagai berikut:

UNDANG-UNDANG BITCOIN

BAB I

KETENTUAN UMUM

Pasal 1. Tujuan dari undang-undang ini adalah untuk mengatur Bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah yang tidak terbatas pada kekuatan liberal, tidak terbatas dalam transaksi apa pun, dan untuk setiap hak yang dapat dilakukan oleh individu perorangan maupun badan hukum publik atau swasta.

Hal-hal tersebut pada alinea sebelumnya tidak menghalangi penerapan Undang-Undang Integrasi Moneter.

Pasal 2. Nilai tukar antara bitcoin dan dolar Amerika Serikat, selanjutnya USD, akan ditentukan secara bebas oleh pasar.

Pasal 3. Semua harga dapat dinyatakan dalam satuan Bitcoin.

Pasal 4. Semua kontribusi pajak dapat dibayar menggunakan Bitcoin.

Pasal 5. Pertukaran Bitcoin tidak akan dikenakan pajak atas keuntungan, sama seperti alat pembayaran yang sah.

Pasal 6. Untuk tujuan akuntansi, USD akan digunakan sebagai mata uang referensi.

Pasal 7. Setiap agen ekonomi harus menerima Bitcoin sebagai alat pembayaran saat ditawarkan kepada oleh siapa pun yang memperoleh barang atau jasa.

Pasal 8. Tanpa mengurangi tindakan sektor swasta, Negara akan memberikan alternatif yang memungkinkan pengguna untuk melakukan transaksi dalam Bitcoin dan memiliki konvertibilitas otomatis dan instan dari Bitcoin ke USD jika diinginkan. Selanjutnya, Negara akan mempromosikan pelatihan dan mekanisme yang diperlukan sehingga penduduk dapat mengakses ke transaksi Bitcoin.

Pasal 9. Batasan dan pengoperasian alternatif untuk konversi otomatis dan instan dari Bitcoin ke USD yang disediakan oleh Negara akan ditentukan dalam Peraturan yang dikeluarkan untuk tujuan ini.

Pasal 10. Cabang Eksekutif harus membuat struktur kelembagaan yang diperlukan yang diperlukan untuk menerapkan Undang-Undang ini.

KETENTUAN AKHIR DAN PERALIHAN

Pasal 11. Bank Sentral dan Pengawas Sistem Keuangan akan menerbitkan peraturan terkait dalam jangka waktu sebagaimana dimaksud dalam Pasal 16 undang-undang ini.

Pasal 12. Mereka yang, dengan fakta terkenal dan jelas, tidak memiliki akses ke teknologi yang memungkinkan mereka untuk melakukan transaksi dalam bitcoin dikecualikan dari kewajiban yang dinyatakan dalam Pasal 7 undang-undang ini. Negara akan mempromosikan pelatihan dan mekanisme yang diperlukan sehingga penduduk dapat mengakses transaksi Bitcoin.

Pasal 13. Semua kewajiban dalam uang yang dinyatakan dalam USD, yang ada sebelum tanggal berlakunya undang-undang ini, dapat dibayarkan dalam bentuk Bitcoin.

Pasal 14. Sebelum berlakunya undang-undang ini, Negara akan menjamin, melalui pembentukan kepercayaan di Bank Pembangunan El Salvador (Banco de Desarrollo de El Salvador (BANDESAL)), konversi Bitcoin akan secara otomatis dan seketika ke USD yang diperlukan untuk alternatif yang disediakan oleh Negara yang disebutkan dalam Pasal 8.

Pasal 15. Undang-undang ini mempunyai sifat khusus dalam penerapannya terhadap peraturan perundang-undangan lain yang mengatur hal tersebut, dengan mencabut ketentuan-ketentuan yang bertentangan dengannya.

Pasal 16. Keputusan ini mulai berlaku sembilan puluh hari setelah diumumkan dalam Berita Resmi.

DIBERIKAN DI Aula Biru Istana Legislatif: San Salvador, pada tanggal 8 Juni 2021.

Penutup

Jadi, bagaimana denganmu, apakah memiliki rencana untuk membelanjakan Bitcoin yang kamu punya di negara El Salvador? Atau kamu sudah pusing membaca artikel ini?

Kamu bisa beristirahat sejenak, berkumpul bersama orang–orang terdekat, dan jika masih ada waktu, bisa kembali membaca artikel ini dan artikel lainnya di situs Tahu Blockchain. Kamu juga bisa bagikan artikel ini kepada orang–orang terdekatmu, agar lebih banyak orang tahu Apa itu Blockchain?