Belakangan ini, beberapa anggota komunitas dan juga pemegang koin dari Internet Computer (ICP) agak khawatir dan mulai ragu dengan pergerakan harga koin ICP yang terus turun drastis sejak pertama kali di rilis pada awal Mei 2021.

Namun, sebenarnya ada alasaan lain lagi yang lebih mengkhawatirkan daripada pergerakan harga koin ICP. Apa saja itu? Berikut ini Tahu Blockchain mencoba paparkan 7 alasan kamu perlu khawatir dengan Internet Computer atau koin ICP.

Internet Computer Masih Baru

Pernahkah kamu melihat dengan langsung ada seorang bayi yang baru lahir sudah bisa belajar mengendarai mobil? Tentu saja itu merupakan hal yang mustahil bukan? Sama halnya juga dengan Internet Computer. Meskipun koin dengan ticker ICP ini telah dipersiapkan sejak tahun 2016, namun harus diakui juga bahwa Internet Computer masih baru lahir kedunia ini.

“Selama dalam kandungan”, orang-orang ahli dibalik proyek Internet Computer sudah mempersiapkan dengan matang dan detail bagaimana Internet Computer setelah dia lahir kedunia. Tentu saja, layaknya seorang bayi, Internet Computer masih membutuhkan proses. Hanya melihat dari faktor harga saja, itu sama saja kamu mengharapkan Internet Computer seperti bayi yang sudah harus bisa mengendarai mobil.

Padahal, seperti yang kita ketahui, butuh banyak sekali pengorbanan untuk seorang bayi hingga akhirnya dapat menjadi orang dewasa yang mampu mengendarai mobil. Semuanya itu memerlukan pengorbanan seperti waktu, dan tentu saja uang.

Modal Persalinan Internet Computer yang Fantastis

Adakah orang di dunia ini yang rela menjamin biaya persalinan yang begitu mahal hanya demi seorang calon bayi yang bahkan 0.1% jumlah penduduk bumi pun tidak mengenal dia serta latar belakang keluarganya?

Perumpamaan itulah yang dialami oleh Internet Computer saat ini. Seperti kita ketahui, Internet Computer merupakan produk keluaran dari yayasan Dfinity. Layaknya sebagai orang tua, Dfinity mampu meyakinkan 2 investor besar untuk mau membantu membiayai persalinan Internet Computer ke dunia.

Padahal, mungkin saja proyek-proyek blockchain sebelum Internet Computer sebenarnya sudah ada. Tapi, apakah disini kamu tidak khawatir, ada alasan apa dibalik pendanaan sebesar itu?

Proyek Baru Sebagai Mitra di Internet Computer

Internet Computer bukanlah seperti seorang bayi keturunan kerajaan, atau bayi dari keluarga selebriti terkenal hampir seantero bumi. Namun, kelahirannya bahkan menarik tim-tim baru dengan proyek andalan mereka untuk bergabung menjadi mitra demi bersama-sama membangun ekosistem blockchain Internet Computer.

Jika kamu dapat melihat lebih jauh kedalam ekosistem blockchain Internet Computer, sudah mulai banyak proyek-proyek baru berdatangan dari segmen yang berbeda-beda. Sebut saja seperti CanCan, Distrik, Canistore, DSCVR, OpenChat, Fleek, dan masih banyak lagi yang bahu membahu membantu memaksimalkan ekosistem blockchain Internet Computer.

Jika kamu mau meneliti sendiri bagaimana proyek blockchain lainnya pada saat awal mereka di rilis, mungkin kamu perlu mulai khawatir, karena tidak semua proyek blockchain diawal pengembangannya sudah memiliki mitra dengan segmentasi berbeda seperti yang dialami oleh Internet Computer sekarang.

Internet Computer Adalah Proyek yang Revolusioner

Coba kamu perhatikan pada daftar koin atau token kripto di bursa perdagangan kripto, sebut saja coinmarketcap atau coingecko. Tercatat, sudah ada ribuan lebih mata uang kripto baik dalam bentuk koin maupun token yang tercipta dan terdaftar.

Namun, kebanyakan hanya mengikuti proyek pendahulunya dengan alasan baru yang lebih murah, lebih fleksibel, dll. Itu masih lebih baik, dibandingkan koin atau token yang hanya sebagai meme atau bahkan tidak punya nilai guna sama sekali.

Tapi, lihatlah Internet Computer. Dia lahir dengan membawa visi yang begitu revolusioner. Sebuah visi yang bahkan lebih besar dari teknologi blockchain pendahulunya yang telah mempunyai nama dan komunitas yang besar.

Internet Computer adalah internet blockchain, internet yang terdesentralisasi. Internet computer tidak hanya fokus pada layanan keuangan tanpa perantara, atau kontrak otomatis tanpa perantara. Namun, Internet Computer sudah dalam tahap ekosistem Internet terdesentralisasi tanpa perantara.

Jika kamu bingung, imajinasikan bahwa semua proyek blockchain yang terdaftar, yang dijelaskan pada paragraf awal pembahasan ini, dapat berjalan sendiri di dalam ekosistem Internet Computer. Ya, termasuk juga bagi proyek pendahulu Internet Computer yang sudah besar sekalipun, dapat berjalan sendiri di dalam ekosistem Internet Computer.

Menantang Perusahaan Raksasa dari Dimensi Lain

Ini adalah lanjutan dari poin keempat. Mungkin pada poin sebelumnya, kamu bisa jadi masih kebingungan. Jadi inilah penjelasan lanjut untuk gambaran Internet Computer kedepannya.

Kamu tentu tahu perusahaan raksasa penyimpanan data saat ini, seperti Google, Amazon, Alibaba, bahkan Facebook bukan? Mereka adalah contoh perusahaan penyimpanan data terbesar dimana dapat menampung jutaan bahkan triliunan jenis data, kontrak, hingga aplikasi di internet hingga saat ini.

Disini kita tidak akan mencari kejelekkan perusahaan yang disebutkan sebelumnya, karena nyatanya, semua punya sisi baik dan buruk. Jika hingga saat ini mereka masih ada, itu sudah cukup membuktikan bahwa mereka masih dapat dipercaya dan diandalkan oleh sebagian besar orang, bahkan pribadi kita sendiri.

Yang akan jadi fokus adalah, visi kelahiran Internet Computer langsung memposisikan diri sejajar dengan perusahaan besar di atas. Bedanya hanya satu, Internet Computer berjalan pada sistem blockchain, yang tentu saja, terdesentralisasi dan penuh dengan kontrak otomatis tanpa perantara.

Bayangkan, betapa revolusionernya Internet Computer yang kelahirannya saja tidak hanya menyentil layanan tersentralisasi, tapi juga dapat mendobrak semua permasalahan ekosistem blockchain yang sudah ada saat ini.

Jika melihat bagaimana sejarah perusahaan yang disebutkan diatas sekarang sudah masuk dalam daftar kategori perusahaan raksasa internet, apakah disini kamu tidak mulai khawatir dengan bagaiamana Internet Computer dan koin ICP di masa depan nanti?

Tidak Punya Strategi Pemasaran? Atau Belum Saatnya?

Kalau kamu perhatikan sejarah perusahaan raksasa pada poin sebelumnya. Diawal mereka berdiri, bahkan, hampir sangat jarang ditemukan informasi bahwa pertama kali mereka rilis, mereka lebih fokus pada pemasaran untuk produknya pada saat itu.

Yang bisa dipelajari dari para perusahaan itu di awal mereka berdiri adalah, mereka lebih fokus pada pengembangan produk mereka, mencari kerjasama mitra baru, dan setelah produknya mulai matang dan diminati oleh banyak pelanggan yang mulai merasakan manfaatnya, disitulah mereka mulai gencar dengan pemasaran.

Apakah kamu tidak khawatir jika ternyata ini adalah bentuk strategi yang juga sedang dilakukan oleh Internet Computer saat ini?

Harga Membuktikan Masa Depan Internet Computer. Yakin?

Kamu tahu kenapa ada hari pizza Bitcoin? Itu merupakan sebuah momen yang memperingati bahwa dulu, bitcoin hampir tidak ada harganya sama sekali. Pizza adalah item pertama yang dibeli menggunakan Bitcoin. Kamu tahu berapa bitcoin yang harus dikeluarkan untuk membeli pizza saat itu? 10.000 BTC untuk 2 loyang pizza.

Tidak hanya Bitcoin, hampir semua mata uang kripto yang tercipta pernah berada dimasa mereka tak berharga bahkan dari harga pertama kali mereka diluncurkan ke pasar. Masih lebih baik jika setelah kegagalan itu tetap bertahan lama. Kebanyakan, proyek blockchain yang gagal di harga, langsung tidak terdengar lagi ujung namanya.

Sama halnya dengan Internet Computer. Apalagi, kelahiran Internet Computer saat itu berada disaat pasar sedang mulai memasuki tren penurunan harga. Internet Computer dengan Koin ICP harus berjibaku dengan mata uang kripto lainnya yang mungkin sudah lebih dulu memiliki kapitalisasi pasar yang besar.

Namun dibalik itu semua, coba kamu jawab sendiri. Ada berapa banyak mata uang kripto yang ketika pertama rilis di bursa, langsung berada pada posisi top 5 dunia dan bertahan selama beberapa minggu di posisi top 10 dunia? Apakah kamu tidak khawatir seandainya peristiwa ini bisa saja menandakan ada kekuatan lain yang suatu saat nanti dapat membalikkan posisi ini kembali saat awal Internet Computer rilis?

Penutup

Sebagai investor atau trader, harga memang menjadi salah satu faktor penentu kesuksesan kinerja sebuah produk atau proyek blockchain. Namun perlu diingat, itu bukan satu-satunya faktor. Ada faktor lain seperti intensitas perdagangan harian, loyalitas para investor, perputaran di bursa perdagangan besar, dll.

Selain itu, kekonsistensian tim proyek dibalik layar dan pengembangan produk yang inovatif juga menjadi faktor penting untuk menentukan masa depan sebuah produk atau proyek apalagi yang bergerak pada proyek blockchain yang kategorinya masih baru.

Internet Computer dalam urusan harga, hampir tidak ada bedanya dengan mata uang kripto lainnya. Ada waktu untuk tren naik dan turun. Bahkan untuk urusan volatilitas harga, mungkin yang lebih parah dari Internet Computer juga banyak, bahkan sampai tidak berharga sama sekali.

Jika kamu dapat melihat lebih dalam lagi, Internet Computer, sebenarnya, masih berada dalam garis visi misinya. Proyek Internet Computer masih terus mendatangkan mitra baru yang ingin bekerja sama dan berinvestasi di dalam ekosistem Internet Computer.

Tentu saja ini merupakan sebuah langkah positif, dan kamu tentu sudah mulai mempertimbangkan rasa khawatirmu apakah ingin berpartisipasi, dan jika mampu, menjadi mitra atau bagian di dalam ekosistem Internet Computer, atau memilih hanya sebagai penonton saja.

Pada akhirnya itu semua akan kembali lagi kepada kamu. Pilihan terakhir ada pada dirimu. Artikel ini bukanlah sebuah paksaan, atau bahkan saran investasi yang pasti. Artikel ini dibuat dengan maksud sebagai referensi keingintahuanmu tentang Internet Computer atau koin ICP.

Jadi, bagaimana denganmu, apakah kamu semakin penasaran dan ingin tahu lebih lanjut tentang Internet Computer? Atau kamu sudah pusing membaca artikel ini?

Kamu bisa beristirahat sejenak, berkumpul bersama orang–orang terdekat, dan jika masih ada waktu, bisa kembali membaca artikel ini dan artikel lainnya di situs Tahu Blockchain. Kamu juga bisa bagikan artikel ini kepada orang–orang terdekatmu, agar lebih banyak orang tahu Apa itu Blockchain dan Internet Computer?